Jumat, 28 Oktober 2011

Tentang Kami

Di Balik Ini Semua

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari tampaknya kurang mendapat perhatian. Bahasa Indonesia selama ini dikenal sebagai bahasa persatuan yang diajarkan di sekolah-sekolah untuk orang-orang yang berpendidikan.
Pada kenyataannya, masih banyak salah kaprah dalam penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat, baik di lingkungan formal, maupun nonformal. Dari penggunaan makna kata yang salah, salah tulis, tidak sesuai ejaan, dsb. Parahnya, hal-hal yang kecil semacam itu membudaya dan tidak ada usaha untuk memperbaiki.
Sebagai contoh, di jalan-jalan sering kita lihat toko bertuliskan "apotik", padahal yang sesuai ejaan adalah "apotek". Dalam dunia pendidikan juga sering kita lihat penulisan kata "praktek", padahal yang sesuai ejaan adalah "praktik".
Bahasa Indonesia itu milik bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Kami khawatir, jika masyarakat Indonesia tidak berusaha untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, suatu hari kita akan kalah dengan bangsa lain yang mempelajari Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Kita akan malu jika ada orang asing yang ingin belajar Bahasa Indonesia, tetapi kita tidak menguasainya dengan baik dan membiarkan kesalahan-kesalahan kecil semacam itu.

Apa Manfaatnya?

Jika kita ingat pelajaran Bahasa Indonesia sewaktu masih duduk di bangku SD hingga SMA, maka kita dapat melihat sendiri bahwa banyak hal yang bisa dilakukan dengan Bahasa Indonesia. Dari pelajaran-pelajaran seperti sejarah Bahasa Indonesia, struktur kata dan kalimat, makna kata, penggunaan ejaan yang baik dan benar, pantun, gaya bahasa, dan sebagainya.Di zaman digital dewasa ini, sudah waktunya kita mulai menyadarkan masyarakat Indonesia melalui teknologi yang ada. Diantaranya melalui media jejaring sosial/informasi dan portal yang berisi berbagai macam hal yang bisa dipelajari secara mendalam tentang Bahasa Indonesia.

Perwujudan Ide
 
Melalui media Twitter, kita dapat berbagi, tanya jawab, dan saling mengingatkan, tentang penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar bagi semua kalangan. Untuk itu, dibuatlah akun @satubahasaID yang berisi segala bentuk penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berdasar fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu pengguna Twitter yang tertinggi di dunia, harapannya yaitu membantu mereka-mereka yang masih bingung dengan Bahasa Indonesia melalui rentetan kata maksimal 140 karakter.
Untuk ke depannya, kita juga akan mengembangkan blog/portal yang berisi kajian-kajian Bahasa Indonesia secara lebih mendalam.

Peluang dan Tantangan

Mungkin tidak semua orang mengerti dan memahami hal-hal kecil semacam itu. Akan tetapi, kami percaya, sebuah perubahan selalu diawali dengan hal-hal sederhana semacam itu.
Selain itu, tidak semua orang mempunyai Twitter dan beberapa masih gagap teknologi. Namun, orang-orang yang sudah ikut membaca ide yang kami tawarkan ini, diharapkan bisa menjadi pemicu yang dapat menularkan kebenaran ini kepada semua orang, terutama seluruh masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar